Universitas Muhammadiyah Malang

Welcome in Yudha Arie's Blog

13 Agustus 2014

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI



Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi – Manusia merupakan makhluk yang sangat sempurna, di mana manusia dibekali akal dan perasaan. Manusia mampu menciptakan sesuatu karena adanya kebutuhan. Teknologi, merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Karena dengan teknologi manusia mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat, tepat dan efisien. Teknologi tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang dewasa saja tetapi anak-anak, orang tua, semua membutuhkan teknologi. Sebagai contoh, yang lagi trend saat ini adalah teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ). Meskipun kita tahu bahwa saat ini TIK yang kita nikmati adalah teknologi yang sudah dikembangkan dengan sangat maju, tetapi selama peradaban manusia masih ada maka teknologi akan terus berkembang dan berkembang. Sekarang ini manusia sudah mampu berkomunikasi secara lisan dan mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol dan gambar. Tetapi jika dilihat dari sejarahnya, sebenarnya TIK sudah mulai dikenal manusia sejak berabad-abad tahun yang lalu. Sejak zaman purba manusia sudah mencoba melakukan komunkasi dengan simbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal dari perkembangan teknologi informasi.


Di zaman modern seperti saat ini TIK sudah sangat berkembang, manusia sudah mampu melakukan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan handphone, internet dan lain sebagainya yang bisa membuat komunikasi lebih praktis dan cepat. Jarak dan waktu bukan menjadi sebuah halangan dalam melakukan komunikasi bahkan orang-orang yang berada di luar pulau atau luar negeri kini sudah mampu melakukan komunikasi secara voice ataupun video. Anda harus tahu dan harus mengikuti perkembangan teknologi informasi agar tidak ketinggalan. Sudah banyak hal-hal yang dilakukan melalui media internet atau pun elektronik, sebagai contohnya adalah e-learning, e-banking, e-library, e-laboratory, e-mail, dan masih banyak lainnya.
Media-media tersebut sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi kebutuhan bagi manusia yang tidak bisa dipisahkan. Selain untuk komunikasi teknologi juga dapat digunakan dalam proses pengolahan data. Selain itu ada juga barang-barang elektronik yang menjadi kebutuhan manusia yaitu televise, handphone,PDA, komputer dan lain-lain. Selama manusia masih mempunyai mimpi perkembangan teknologi informasi akan semakin pesat dan mendorong untuk ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.
Tetapi tahukah anda, berabad-abad tahun yang lalu, bagaimana manusia melakukan komunikasi, alat-alat apa yang mereka gunakan, dan teknologi apa yang sudah mereka ciptakan. Pada zaman dahulu teknik dokumentasi informasi masih sangat sederhana, tetapi semakin berkembang dan terus berkembang hingga sekarang ini. Contoh-contoh alat yang digunakan adalah tulang, batu, kulit, tanah liat dan lain-lain. Teknik penyampaian informasipun masih sangat sederhana, terkesan lambat dan kurang efektif. Akhirnya setelah adanya revolusi industry, alat-alat mekanik dan elektronik sudah mulai ditemukan.
Jika dulu orang mengirim surat masih menggunakan kurir dan membutuhkan waktu yang lama, pada abad pertengahan orang sudah bisa mengirim surat menggunakan telegraf, dan sekarang dengan ditemukannya komputer dan internet orang sudah bisa mengirim surat mmenggunakan e-mail bahkan dalam hitungan detik surat yang kita kirim sudah sampai. Selain itu setelah Alexander Graham bell menemukan telepon, orang sudah bisa berbicara langsung meskipun jarak sangat jauh, dan telepon semakin berkembang hingga sampai saat ini. Ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat.
Jika kita melihat televise, banyak animasi-animasi dan multimedia yang menampilkan tentang canggihnya teknologi di masa yang akan datang. Contohnya hologram 3 dimensi, yang memungkinkan manusia melakukan komunikasi dengan sebuah bayangan didepannya, pesawat super canggih, manusia terbang dan bahkan manusia bisa menghilang. Pertanyaannya, apakah mungkin manusia mampu menciptakan alat seperti itu. Mungkin saja, seperti yang kita bahas diawal penemuan itu didasari oleh adanya mimpi dan kebutuhan.
Sekarang ini kita sudah membuktikan bahwa manusia sudah bisa menciptakan robot, sebagai contohnya ada robot anjing, robot rumah tangga dan lain-lain, yang semua itu diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Jadi tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti pekerjaan kita akan digantikan oleh robot, yang mampu bekerja secara otomatis dan mengoreksi kesalahan dengan sendirinya, bahkan memiliki perasaan layaknya manusia. Semua itu tidak lain adalah karena adanya perkembangan teknologi informasi.
Apa itu teknologi dan Informasi?
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi meruapakan semua perangkat atau peralatan yang dapat membantu seseorang bekerja dan segala hal yang berhubungan dengan suatu proses, dan juga bagai mana suatu informasi itu dapat sampai ke pihak yang membutuhkan, baik berupa data, suara ataupun video.
Maka termasuk lah didalamnya Televisi, Radio, Telepon, komputer dan media informasi lainnya berupa surat kabar atau majalah.
Bagaimana Peran Teknologi Informasi terhadap Industri Kreatif dan kemajuan Bangsa?
Peran Teknologi informasi terhadap Industri Kreatif dan kebangkitan bangsa menuju bangsa yang besar adalah sangat penting dan memiliki potensi yang besar.Banyak bidang teknologi yang dapat dikembangkan sebagai Industri Kreatif yaitu :


1. Bidang Pendidikan

Pengembangan Teknologi Kreatif di bidang pendidikan sangatlah penting dan sudah seharusnya dikembangkan dan dimanfaatkan saat ini, karena pembelajaran yang aktif dan interaktif akan lebih mempermudah cara belajar, apakah itu pembelajaran melalui media animasi, film atau video. Pengembangan industri kreatif untuk software pembelajaran akan meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pendidik serta anak didik. Pemahaman akan materi lebih mudah diserap dan diterima secara logika (masuk akal), Proses akan lebih mudah dipahami, dan cara pengerjaan suatu materi akan lebih mudah dilaksanakan.
Hal-hal apa yang dapat kita kembangkan di bidang pendidikan?
o Pengembangan Software pendidikan untuk Tingkat usia dini, seperti menggambar, edu game, dll
o Pengembangan Software pembelajaran untuk materi yang bersifat teori, seperti geografi, Bahasa, ekonomi, matematika dll.
o Pengembangan software untuk materi bersifat praktek seperti biologi, fisika, elektronika, dll
o Pengembangan yang bersifat mengembangkan Material, seperti pembuatan robot, pembuatan mesin dll
 

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis
Perkembangan Teknologi telah dan sangat berpengaruh terhadap aspek ekonomi dan bisnis di dunia dan secara khusus di Indonesia, sebagai salah satu negara yang besar dengan jumlah penduduk yang merupakan kekayaan bangsa, ini merupakan satu kesempatan besar bagi masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas diri, dan efektifitas kerja. Pengembangan website sebagai tempat untuk melakukan bisnis dan kegiatan ekonomi. Maka sangatlah diharapkan untuk masyarakat yang memiliki keahlian dalam program dan web design untuk mengembangkan website yang berbasiskan kepada program-program pengolahan data dan pembuatan laporan, serta analisa ekonomi, sebagai hasil karya anak bangsa, sehingga website dan program tersebut dapat digunakan untuk efektifitas kerja dan juga meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk lebih lagi mengembangkan diri. Pengembangan E-Commerce yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabankan akan mencirikan kreatifitas dan nama Indonesia. Pengembangan industri kreatif di bidang bisnis melalui jaringan internet yang mengundang banyak orang untuk bergabung dengan memberikan akses kepada anggotanya untuk menggabungkan ide, dan membuat suatu kreatifitas bersama dan setia orang dapat mengembangkan ide dan pengetahuannya untuk menghasilkan satu karya.
 

3. Dalam bidang Design
Pemanfaatan Teknologi informasi dalam bidang design mampu memacu industri kreatifitas anak bangsa, seperti pengembangan industri design kaos dengan hak paten tertentu yang membawa nama indonesia dan mencirikan daerahnya, pengembangan industri kreatif design akan menampung banyak sekali tenaga kreatif yang dapat menuangkan segala ide dan kreatifitasnya tanpa batasan tertentu. Pemanfaatan perangkat-perangkat lunak grafis sebagai akibat perkembangan teknologi akan sangat mendukung terhadap kreatifitas dan kinerja para designer indonesia, yang pada akhirnya mampu bersaing di dalam negeri maupun tingkat internasional.
 

4. Dalam Bidang Photography
Industri fotografi merupakan industri kreatif yang berkembang dengan sangat pesat saat ini, perkembangan teknologi dan informasi telah memacu masyarakat dan kumpulan fotografer muda indonesia lebih lagi mengasah kemampuannya, dengan mengikuti kompetisi tingkat nasional dan internasional. fotografi sudah menjadi satu hal yang sulit dihindarkan, terutama jika dikaitkan dengan dunia pertelevisian. Pemberdayaan fotografer muda dan berbakat serta pelatihan merupakan hal penting yang patut untuk dipertimbangkan dalam pengembangan industri kreatif ini.
Pemberdayaan pemuda indonesia dari tingkat SMA sudah mulai dilakukan di beberapa daerah sebagai pengembangan diri, yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk dunia kerja dan dunia bisnis yang mampu memajukan Indonesia.
 

5. Dalam Bidang Musik
Perkembangan musik di tanah air merupakan satu bidang yang sangat berkembang dengan pesat, maka begitu banyak industri musik yang berkembang. Teknologi sudah merupakan suatu hal penting yang harus dikembangkan dan digunakan, menjadi seorang arranger atau composer tidak mungkin lagi dilakukan dengan cara manual. Teknologi adalah jawabannya, dan industri musik harus bersaing dengan sangat keras untuk menguasai teknologi dalam menghasilkan warna musik yang lebih baik, yang memiliki daya jual dan menarik minat masyarakat untuk mendengarkannya.
 

6. Dalam Bidang Advertising/Periklanan
Pemanfaatan, penguasaan dan pengembangan software sangatlah membutuhkan manusia kreatif dan industri kreatif di dalam dunia advertising ataupun periklanan.
Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat banyak yang memiliki kreatifitas dibidang ini, tetapi bagaimana agar industri kreatif di bidang periklanan ini dapat berkembang dan mampu bersaing?
Pemberdayaan sumberdaya manusia dan menghargai hasil karya dan kreatifitas anak bangsa merupakan salah satu jawaban yang paling patut untuk tantangan di atas, karena jika pemberdayaan dan penghargaan yang kurang akan memacu sumber daya tersebut mengembangkan diri di negeri orang. Pengembangan media dan perangkat yang lebih mendukung lagi adalah hal penting yang perlu di kembangkan oleh para pengembang software, sehingga daya saing tidak hanya mengacu pada penggunaan perangkat yang harus di beli dari negara lain, atau diproduksi olah negara lain. Mampukah kita? Tentu saja kita mampu, karena pengembang software di Indonesia sangat banyak yang memiliki potensi.
 

7. Dalam Bidang industri Film
Memanfaatkan teknologi dalam industri kreatif film sangat penting untuk ditingkatkan dan dikembangkan, karena industri film adalah suatu industri kreatif yang memiliki daya jual yang tinggi. Pembuatan film animasi adalah salah satu contoh perfilman yang sangat perlu di kembangkan, dengan banyaknya animator Indonesia yang berbakat. Industri kreatif animasi merupakan industri yang sedang berkembang dengan cepat, dengan peminat yang tinggi, terutama anak-anak usia remaja kebawah, bahkan diminati oleh remaja ke atas.
Beberapa film animasi karya anak bangsa diterima dengan baik ditengah-tengah masyarakat, tetapi masih perlu diasah dan dikembangkan ke arah yang lebih baik, terutama pembuatan film animasi yang bersifat pendidikan dan membawa pada ciri bangsa, yang mampu bersaing ke tingkat internasional. Pemanfaatan software dan penguasaan software sangatlah penting dalam menunjang industri ini.
 

8. Dalam industri Game
Pemanfaatan Game tidak bisa dihindarkan dalam era teknologi informasi, waktu luang banyak digunakan untuk bermain game, apakah itu game yang bersifat online ataupun offline. Kemampuan para programmer dapat digabungkan dalam satu wadah yang akan mampu menciptakan permainan-permainan dalam tingkat yang lebih tinggi, bahkan pada tingkat kemampuan menarik minat para gamers untuk lebih banyak menggunakan logika dan kecepatan. terutama mampu menciptakan permainan yang bersaing di tingkat internasional.
Dengan melihat banyaknya peluang industri kreatif di atas, maka sudah selayaknyalah Teknologi informasi dikembangkan sebagai salah satu Wadah yang mampu mengembangkan sumberdaya manusia yang aktif, kreatif dan memiliki potensi luar biasa.
Dengan memberdayakan industri kreatif dan mengambangkan sumberdaya manusia yang kreatif akan turut memajukan nama, martabat dan perekonomian bangsa. Kecintaan akan industri kreatifitas bangsa dan turut serta pemerintah dalam memajukan industri kreatifitas ini akan memberi peluang besar bagi pengembangan kreatifitas anak bangsa, yang mampu menyerap tenaga kerja di berbagai bidang, dan menurunkan jumlah pengangguran.
Pendidikan dibidang teknologi yang mengacu pada pengembangan potensi tersebut juga akan menghasilkan sumberdaya kreatif dalam menghidupkan industri kreatif. Mari Berdayakan Industri kreatif karya anak bangsa demi memajukan indonesia dan memberi citra baru sebagai negara yang kreatif, aktif dan mampu bersaing di segala bidang.


Sumber: blog